Penoyoran, Salt Movie, User Facebook Indonesia Tembus Tiga Besar Dunia

Sumpek dengan berita dugaan oknum Paspampres yang menoyor anak kecil justru di peringatan hari anak nasional, korupsi, hutan terus digunduli, macet kian parah di Jakarta, dan ledakan tabung gas yang tak putus-putus di dalam negeri? Jangan frustrasi, masih ada hiburan. Ini hiburan yang lebih hebat dari sekadar  menunggu tayangnya Salt, film terbaru yang dibintangi si cantik Angelina Jolie.

Setidaknya, kini  rakyat Indonesia yang menjadi user/anggota Facebook patut berbangga, karena telah menorehkan prestasi tersendiri tanpa bantuan pemerintah. Bagusnya lagi, informasi raihan ini diperoleh hanya sehari setelah CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan user Facebook sudah menembus angka 500 juta.

[tweetmeme source=”republiktwitter” only_single=false]

Anggota Facebook Indonesia saat ini menempati posisi ketiga (25.912.960), setelah Amerika Serikat yang berada di posisi puncak (125.881.220) dan Inggris (26.543.600) di posisi terbesar kedua. Ini merupakan lompatan besar karena hanya beberapa bulan sebelumnya Indonesia masih berada di bawah Turki dan Perancis.

Bukan mustahil, tak lama lagi Indonesia bisa menggusur Inggris dan  menjadi runner-up di belakang user Facebook Amerika Serikat. Jumlah user Facebook  Indonesia hanya terpaut 630.640 user, bukan hal sulit untuk melewati Inggris. Tanpa kampanye saja sudah bisa  mencapai angka 25,9 juta, apalagi kalau ada kampanye fesbuker akar rumput Indonesia untuk mengalahkan jumlah user Facebook Inggris.

Yang menarik, jumlah anggota Facebook Indonesia juga jauh melampaui India (10.547.240) yang dikenal sebagai eksportir ahli teknologi informasi (IT) dan dari jumlah penduduk hampir sama dengan China, sama-sama di atas 1 miliar. Bahkan China pun tidak masuk hitungan 15 besar dunia.

Memang dari sisi kecepatan pertumbuhan, Indonesia masih di bawah Filipina. Tapi data yang khusus dihimpun situs bergengsi Mashable juga mencatat bahwa untuk dominasi pengguna usia muda, Indonesia berada di posisi teratas dibandingkan negara-negara lain yang  anggota mudanya juga dominan. Artinya, kaum muda adalah mayoritas pengguna Facebook di tanah air. Mencermati perkembangan positif ini, sebetulnya banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Masalahnya kini tinggal kejelian dan kecerdasan pihak-pihak di dalam negeri memanfaatkannya.

Berikut data terbaru  dan lebih detail yang dihimpun Mashable.com.

(Aidan Surya Kusuma)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s