50 Tips Ampuh Komunikasi via Twitter

Berselancar di tengah ombak tweets tentu butuh kiat tersendiri. Chris Brogan, salah satu blogger popular di jagat maya menghimpun 50 kiat yang bisa dipraktikkan tweeps dalam berkomunikasi via Twitter.

[tweetmeme source=”republiktwitter” only_single=false]

Chris memecah 50 tips ini ke dalam lima bagian: ‘Andalah penentunya, Teknikal, Bisnis, Penggunaan terintegrasi’, dan ‘Off-twitter’. Beberapa poin mungkin saja cocok di lebih dari satu kategori. Selamat berselancar di dunia Twitter dengan 50 modal berikut ini:

50 Tips Ampuh

Andalah Penentunya
1. Jangan baca SETIAP tweet. Tidak ada yang bakal protes. Itu hak anda kok.
2. Follow setiap orang yang mem-follow anda (dan tentu saja unfollow spammers/tweep gak beres).
3. Promosikan orang lain 12x untuk setiap 1 tweet promosi diri (self-promotional).
4. Buatlah lists untuk mengikuti orang-orang yang anda kenal dekat dan selalu berhubungan dengan anda.
5. Retweet apa pun postingan positif dari orang lain. Berbagi merupakan bentuk kepedulian (sharing is caring).
6. Banyaknya @replies menggambarkan tingginya keterlibatan (engagement).
7. Tweet otomatis dari mesin jelas  kurang seksi daripada tweet yang dikirimkan oleh manusianya langsung.
8. Promosikan tweep yang baru bergabung atau kurang banyak pengikutnya daripada orang-orang yang sudah jadi ”selebritas” di Twitter.
9. Tetapkan batasan waktu sendiri. Twitter tak ubahnya candu. Kalau sudah kecanduan, anda bakal sulit dihentikan.
10. Setiap orang punya perilakunya masing-masing. Anda juga bisa berbuat khilaf terhadap orang lain.

Teknikal
11. Kreativitas mengubah desain latar belakang jadi non-standar dan memasang foto (avatar) wajah pribadi (non-standard background and face avatar) menunjukkan bahwa  bukan mesin yang mengisi akun atas nama anda.
12. Sisakan 20 karakter atau ruang lebih untuk tiap tweet demi memaksimalkan ruang retweeting (RT).
13. Manfaatkan Seesmic atau Tweetdeck atau Hootsuite agar wawasan anda lebih luas.
14. Mengirimkan satu update ke beberapa komunitas sekaligus secara teknis memang dimungkinkan. Tetapi cara ini akan menghilangkan keunikan masing-masing komunitas yang punca ciri tersendiri.
15. Tool seperti http://bit.ly memendekkan URL yang terlalu panjang. Gunakan tool ini yang juga bisa untuk melihat stats.
16. Buatlah hashtags (#) yang kecil dan sederhana. Jangan lupa, kita masih perlu banyak ruang untuk berkirim tweet.
17. Jika sebuah software memungkinkan anda untuk “posting update ke Twitter” dan juga ke aplikasi, sebaiknya jangan lakukan. Kami jarang mau membacanya. Betulan nih!
18. Jika anda mengembangkan software yang mendorong update ke dalam Twitter, anda harus SANGAT terbuka memberitahu cara kerjanya.
19. Setiap kali anda menggunakan OAUTH untuk memberi izin masuk ke akun anda, maka keamanan akun anda rawan diterobos pihak luar. Upayakan periksa izin yang anda berikan setiap bulan.
20. Best mobile app atau aplikasi bergerak terbaik adalah yang menurut anda paling nyaman digunakan. Andalah yang lebih tahu.

Bisnis
21. Spamming sih baik-baik saja, asal anda siap dengan risiko di-unfollow banyak orang.
22. Habiskan lebih banyak waktu untuk search daripada sekadar mengajak orang lain ngobrol omong kosong atau membicarakan diri anda sendiri.
23. Mencari sasaran orang yang cocok buat produk anda (Finding people who need what you’re selling) tak ada bedanya dengan iklan bagi orang lain.
24. Retweeting kalimat pujian dari orang lain untuk anda adalah suatu kebodohan. Anda tak akan mendapatkan perhatian lebih karenanya. Biarkan saja apa adanya.
25. Jika link anda adalah affiliate link atau tertaut ke klien anda, katakanlah sejujurnya (tulis dalam kurung).
26. Customer anda mungkin saja gak ikutan Twitter. Gunakan rapleaf untuk menemukan mereka.
27. Ajak customer anda untuk ikutan Twitter, lalu bantulah agar mereka merasa diuntungkan setelah memanfaatkan Twitter.
28. Gunakan Twitter sebagai alat komunikasi personal, bukan yang lain.
29. Punya sejumlah akun berbeda memang tampaknya baik-baik saja, tapi tunggu sampai anda merasakan betapa sulitnya meningkatkan jumlah following berlipat ganda.
30. Anda cukup fokus menghasilkan uang lebih banyak dan bos anda tak akan bertanya-tanya lagi soal kapan keuntungan datang (ROI/laba atas investasi).

Penggunaan Terintegrasi
31. Twitter membuat suatu event jadi lebih baik. Posting saja hashtag (#) ke mana-mana. Buat semua tanda/label/nama orang tertulis sesuai dengan Twitter ID.

32. Aplikasi seperti TweetChat.com membuat orang lebih mudah mengikuti pembicaraan suatu event. Tempelkan saja sebuah hashtag dan selebihnya akan jalan sendiri.

33. Tweeting konser atau event sebetulnya baik-baik saja, tetapi akan lebih baik lagi bila menjalin hubungan langsung di dunia nyata dengan orang-orang yang anda kirimi tweet.
34. Bagus saja bila anda mengirim tweet postingan di blog anda (tweet your blog posts), tapi cobalah kirim juga pertanyaan yang bisa menggiring pembaca untuk membaca isi postingan di dalam blog.
35. Bolehkah anda mengundang follower Twitter ke platform pertemanan milik anda yang lain, seperti LinkedIn atau Facebook? Tentu saja boleh. Gak ada kok yang melarang.
36. Jangan mencampuradukkan aplikasi lokasi (foursquare, gowalla) dengan tweet anda, tapi kalau terpaksa juga, maka lakukanlah DARI aplikasi lokasi ke Twitter, bukan sebaliknya.
37. Mengajak orang lain mengirim tweet postingan/berita anda memang ada gunanya, tetapi kadangkala bisa diartikan pula sebagai spam oleh orang lain. Siap-siaplah dengan persepsi negatif seperti itu.
38. Tweet yang mengarahkan kita untuk menikmati photos dan/atau video dan/atau music, dan lain-lain, adalah cara hebat untuk meningkatkan pengalaman ber-Twitter ria.
39. Sebaiknya hapuskan link Twitter dari LinkedIn. Gunakan tag #in dan cobalah lebih selektif dalam mengirimkan postingan.
40. Spam atau bukan, events yang mengirimkan tweet tentang registrasi kehadiran tampaknya mampu menambah lebih banyak jumlah orang yang datang ke acara yang diselenggarakan.

Off-Twitter
41. Apakah anda benar-benar ingin memamerkan tweets anda di sidebar situs web/blog? Bukankah itu sama saja dengan mendorong pengunjung segera kabur dari situs web anda?
42. Lihatlah Twitter sebagai suatu sistem panduan terhadap apa saja yang menurut anda menarik hati. Dan banyak hal menarik yang sejatinya justru ada di luar dunia Twitter.
43. Aplikasi seperti VisibleTweets.com memang sih oke punya, tapi bisa sangat mengganggu saat berlangsungnya event.
44. Jika anda menggunakan tweets on a screen pada suatu event, sebaiknya anda siap memoderatori. Kalau tidak terkontrol, bisa saja terjadi amuk massa karena marah atau terprovokasi.
45. Jangan lupa mengundang orang-orang yang gak ikutan Twitter untuk follow anda di Twitter. Cantumkan Twitter ID anda yang sebenarnya di situs web (soalnya banyak yang hanya mencantumkan “follow me on Twitter” tanpa ada data atau keterangan penjelasan selanjutnya).
46. Mengirimkan pertanyaan via Twitter biasanya mengundang komentar dan opini menarik untuk postingan blog.
47. Tweetups memang mengesankan, utamanya jika anda menggunakannya lebih dari sekadar berucap ‘halo’.
48. Di luar aplikasi Twitter, apa pun yang berkaitan dengan “Tweet” jangan terlalu diumbar, karena orang di luar Twitterverse bukanlah “tweeps” anda.
49. Jika sasaran marketing anda ada di Twitter, mulailah membangun list email marketing (building an email marketing list). Jangan pernah meletakkan semua telur dalam satu keranjang.
50. Mulailah berpikir dalam 120 karakter (ingat kan? Yup, sisakan 20 karakter). Semua penggalan saran yang tercantum dalam daftar 50 tips ini bisa di-tweet-kan (tweetable).

Ok, cukup sudah. Meski demikian, penggunaan tips ini bisa bervariasi di lapangan. Ada sejumlah tips yang mungkin bisa sangat membantu, tapi ada pula tips yang lain mungkin kurang banyak bermanfaat. Tergantung situasi anda. Jangan lupa, anda bebas berkreasi dan menciptakan versi sendiri dengan menambah atau mengurangi jumlah 50 tips ini. Boleh juga membuat komentar gak setuju atau setuju terhadap tips yang diberikan. Semuanya terbuka untuk didiskusikan.

Aidan Surya Kusuma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s