Facebook Melesat, Twitter Terkapar (Sementara?)

Dunia berdecak kagum saat Facebook dan Twitter melesat menjadi situs jejaring sosial yang paling banyak diperbicangkan dan digunakan. Cuma, saat Facebook kini bertengger di puncak dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, Twitter terbatuk.

[tweetmeme source=”republiktwitter”]

Animo serempak jutaan penikmat Piala Dunia di Afrika Selatan membuat jaringan Twitter tersedak  hingga hari ini. Bahkan kemungkinan diperlukan waktu sekitar dua minggu untuk mengembalikan operasi Twitter mulus seperti semula.

Facebook berhasil menembus banyak rintangan dan terus tumbuh besar. Apa rahasianya? Mark Zuckerberg, pendiri dan chief executive  Facebook.com, pernah menulis opini di harian  The Washington Post tentang prinsip utama perusahaannya. Facebook, kata pria berusia 26 tahun ini,  dibangun berdasarkan gagasan sederhana: bahwa “orang ingin berbagi dan berhubungan dengan rekan-rekan dan orang-orang dekat mereka”; jika orang punya “kendali atas apa yang mereka share, maka mereka akan share lebih banyak lagi”; dan apabila “makin banyak orang yang melakukan share, dunia akan lebih terbuka dan saling terhubung. Dan dunia yang lebih terbuka dan terhubung adalah dunia yang lebih baik.”

Mark membesarkan Facebook dari sekadar proyek kecil di ruang kamar asrama mahasiswa di Harvard pada 2004 menjadi situs yang paling banyak dikunjungi terbesar kedua di dunia setelah Google. Facebook kini tak hanya menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia, tapi juga “perusahaan yang pertumbuhannya paling cepat di dunia.” Setidaknya kini lebih  20 persen dari  1,7 miliar pengguna Internet dunia rutin mengunjungi Facebook, termasuk 35,3 persen penduduk Amerika. Jumlah ini terus bertumbuh dengan kenaikan 5 persen per bulan. Rata-rata pengguna menghabiskan waktu hampir satu jam setiap hari di depan komputer dan mengklik Facebook.

Di dunia maya, Facebook telah jauh mengungguli MySpace dan situs jejaring sosial lainnya.

Sebaliknya, perkembangan yang kurang menggembirakan kini dialami Twitter. Setelah melesat cepat sebagai situs layanan micro-blogging yang diramalkan akan bersinar terang seperti Facebook, Twitter hari-hari ini dipaksa mengakui bahwa mereka sedang kesulitan menjaga layanan mereka tetap stabil. Selama beberapa pekan terakhir, pengguna Twitter di seluruh dunia terpaksa harus sering-sering melihat ikon fail whale (paus gagal). Itu lho, paus putih yang dikerek burung emprit ramai-ramai ke langit. Kemarin adalah error Twitter terpanjang selama sejarah emprit biru ini berdiri.

Patut disayangkan, karena Tweeter baru saja menorehkan prestasi besar karena telah mencapai 10 miliar tweet awal tahun ini, melesat dari hanya 1 miliar tweet pada November 2008, kemudian 5 miliar tweet beberapa bulan lalu. Apakah Tweeter mampu melesat lagi? Mudah-mudahan. Kita doakan yuks!

Aidan Surya Kusuma

16 Juni, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s