500 Juta User dan Facebook Movie

Pernah dengar tentang Facebook? Ini jelas pertanyaan bodoh. Pengguna Internet mana yang tidak kenal Facebook?  Ini situs jejaring sosial terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna mencapai 500 juta orang.  Kalau Facebook diibaratkan negara, maka populasi Facebook terbesar ketiga setelah China dan India.

[tweetmeme source=”republiktwitter” only_single=false]

Facebook adalah selebritas di dunia dunia social media atau social networking. Sejak awal berdirinya  pada 2004 hingga hari ini, Facebook juga kerap dihinggapi persoalan hukum hingga kontroversi menyangkut pelanggaran privasi penggunanya. Tapi, laju Facebook tak terbendung dan laporan keuangannya pada 2009 mencatatkan lonjakan pendapatan mencapai US$800 juta, lebih besar US$100 juta dari perkiraan para analis sebelumnya.

Mudah diduga, kesukesan Mark Zuckerberg, anak muda 26 tahun pendiri dan chief executive  Facebook.com, berikut lika-liku perjalanan perusahaannya yang mengubah jagad dunia maya, telah memikat Hollywood. Rencananya, Columbia Pictures akan merilis fim The Social Network , atau boleh juga disebut  Facebook: The Movie pada Oktober tahun ini. Untuk menggaet minat penonton sejak dini, Columbia Pictures telah merilis poster film tersebut dengan tampilan wajah Mark Zuckerberg (dibintangi aktor Jesse Eisenberg). Di poster itu tertulis tagline: “You don’t get to 500 million friends without making a few enemies.” Terjemahannya: “Kamu tak akan mendapatkan 500 juta kawan begitu saja tanpa menciptakan segelintir musuh.” Keren juga sih tagline-nya.

Film yang skenarionya ditulis Aaron Sorkin dan disutradarai David Fincher ini lebih banyak mengisahkan sejarah awal Facebook. Ide cerita banyak diambil dari buku yang ditulis Ben Mezrich: The Accidental Billionaires: The Founding of Facebook A Tale of Sex, Money, Genius and Betrayal. The Social Network menceritakan bagaimana Facebook digagas dari sebuah kamar asrama di Harvard hingga mencapai puncaknya seperti sekarang. Aktor Hollywood, Kevin Spacey, dalam komentarnya di Amazon.com, menyebut film ini wajib tonton. “The film is going to be a must see,” kata Kevin Spacey.

Ketiga digagas dua tahun lalu, ide proyek ini disikapi skeptis. Banyak yang tak yakin kalau cerita tentang perjalanan sebuah perusahaan jejaring sosial cukup menarik untuk dijadikan tontonan. Tapi dengan popularitas Facebook yang semakin menjulang, dengan ledakan 500 juta pengguna di seluruh dunia, maka tahun ini dirasa paling tepat untuk mewujudkan film tentang Facebook. Sebagai tambahan pemanasan, belum lama ini juga baru terbit buku lain tentang Facebook yang cukup banyak mengundang perhatian:  The Facebook Effect: The Inside Story of the Company That Is Connecting the World oleh David Kirkpatrick. Ok, kita tunggu saja filmnya.

Aidan Surya Kusuma

20 Juni, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s